Mengerjakan puasa dibulan Rhamadhan


Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulilahirobbil’alamin wassolatu wassalamu’ala asrofil ambiyai walmursalin waala’ahlihi wasohbihi ajmain. Ammaba’adu.
Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah SWT, puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas karunia dan rahmat-Nya. Kita dapat melaksanakan solat tarawih berjamaah di mushola ini.
Shalawat serta salamsemoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Nabi Muhammad SAW, dimana beliaulah yang telah mendakwahkan islam kepada seluruh umat manusa dari zaman jahilliah, menuju zaman yang penuh berkah.
Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah, mengerjakan puasa dibulan Rhamadhan adalah merupakan kewajiban bagi seluruh umat manusia di, kecuali orang-orang yang tidak beriman kepada allah, kemudian oaring yang belum baligh dan orang-orang yang memiliki keterbelakangan mental atau sering disebut gila. Dalam firman Allah yang mewajibkan orang beriman   melaksanakan puasa di bulan Ramadhan terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.
Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah, ketika kita melaksanakan perintah dari Allah SWT tentu kita akan mendapatkan pahala dari-Nya,  pahala dalam  melaksanakan perintah berpuasa hanya Allah saja yang mengetahui rahasia. Sebagaimana firman Allah SWT di dalam hadist Qudsi : “Setiap anak Adam adalah untuk dirinya sendiri, kecuali puasa maka ia adalah untukku dan akulah (Allah) untuk member pahalanya”.
Jika kita meninggalkan perintah dari Allah SWT dan malah mengerjakan larangan-Nya maka bukan pahala yang kita dapatkan melainkan dosayang bertambah. Namun Allah SWT memberi keringanan kepada umatnya dalam menjalankan Perintah-Nya termasuk berpuasa yaitu orang-orang yang berhalangan, seperti dalam perjalanan jauh, ataupun sakit.
Jadi apabila kita mengerjakan dan melaksanakan perintah-Nya termasuk berpuasa karena dorongan iman dan semata-mata karena Allah maka dosa-dosa yang kita miliki dapat diampuni oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan sabda nabi yang artinya: “barang siapa berpuasa Ramadhan karena dorongan rasa keimanan dan ikhlas, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lewat”.
Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah, Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan mohon maaf apabila ada kesalahannya. Akhirul kalam
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment