Amalan Setelah Ramadhan

     Dalam kehidupan di dunia, manusia haruslah mampu mengembangkan dirinya menjadilebih baik. Untuk menjalani kehidupan manusia tiap harinya harus memiliki peningkatan kearah kebaikan bukan konstan ataupun menurun. Jika manusia tiap harinya selalu meningkat kebaikannya maka allah akan memberikan rhmat kepadanya sertapahala yang melimpah.




 Assalamu’alaikum wr.wb
Alhamdulillah wa syukurillah, Allah swt masih memberi kita nikmat hidup dalam keindahan iman dan Islam. Tak lupa salawat dan salam smoga senantiasa tercurah kepada teladan terbaik ummat manusia, Rasulullah saw.
Keutamaan berpuasa dibulan Ramadhan adalah Janji yang pasti diperoleh jika dia menjalankan puasa dengan dasar iman kepada Allah dan mengharapkan ridhoNya telah disabdakan Nabi dalam hadits berikut:
“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Bulan Ramadhan sudah hampir berlalu, nanti setelah kita melalui bulan Ramadhan, tentu saja kita masih perlu untuk beramal sebagai bekal kita nanti sebelum dijemput oleh Malaikat Izrail. Berikut beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan seorang muslim setelah menunaikan puasa Ramadhan.
1.      Tetap menjaga SHALAT 5 WAKTU & SHOLAT BERJAMA’AH
Menjaga shalat lima waktu disini maksudnya adalah menjaga waktunya, tidak menunda-nunda. Maka hendaklah amalan ini tetap dijaga walau di luar Ramadhan, begitu pula dengan shalat jama’ah.
“Allah ‘azza wa jalla berfirman, ‘Aku wajibkan bagi umatmu shalat lima waktu. Aku berjanji pada diriku bahwa barangsiapa yang menjaganya pada waktunya, Aku akan memasukkannya ke dalam surga. Adapun orang yang tidak menjaganya, maka aku tidak memiliki janji padanya’.” (HR. Sunan Ibnu Majah)
Shalat jama’ah di masjid juga memiliki keutamaan yang sangat mulia dibanding shalat sendirian. Rasulullah saw bersabda,
“Shalat jama’ah lebih utama dari shalat sendirian sebanyak 27 derajat.” (HR. Bukhari dan Muslim)
2.      Memperbanyak PUASA SUNAH
Di antara keutamaannya adalah sabda Rasulullah:
“Maukah kutunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan?; Puasa adalah perisai, …” (HR. Tirmidzi)
Di dunia, puasa adalah perisai dari perbuatan-perbuatan maksiat, sedangkan di akhirat nanti adalah perisai dari api neraka. Selain itu jika kita melaksanakan ibadah2 sunah akan mendapatkan kecintaan Allah hingga mustajabnya do’a sebagaimana sabda Rasulullah:
“Dan senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya.” (HR. Bukhari)
Banyak puasa sunnah yang dapat dilakukan setelah Ramadhan.
a.       ada puasa 6 hari Syawal. Paling utama dikerjakan tanggal 2-7 syawal.
b.      shaum ayyamul bid yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 tiap bulan hijriah.
c.       puasa Senin-Kamis
d.      puasa Arofah (tanggal 9 Dzulhijah)
e.       puasa Asyura (tanggal 10 Muharram)
f.       banyak berpuasa di bulan Sya’ban sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
g.      Dan jika ada yang punya kemampuan boleh juga melakukan puasa Daud yaitu sehari berpuasa dan sehari tidak.
3.      Menjaga SHALAT MALAM
Keutamaan shalat malam ini amatlah banyak, di antaranya:
a.       Shalat malam adalah sebaik-baik shalat setelah shalat wajib. Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw bersabda,
“Sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah –Muharram-. Sebaik-baik shalat setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)
b.      Orang yang melakukan shalat malam dijamin masuk surga dan selamat dari adzab neraka. Dari Abdullah bin Salam radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah saw bersabda,
“Wahai manusia! Sebarkanlah salam, jalinlah tali silturahmi (dengan kerabat), berilah makan (kepada istri dan kepada orang miskin), shalatlah di waktu malam sedangkan manusia yang lain sedang tidur, tentu kalian akan masuk ke dalam surga dengan penuh keselamatan.” (HR. Tirmidzi)
Padahal shalat malam itu mudah dikerjakan, bisa dengan hanya mengerjakan shalat tahajud 2 raka’at dan ditutup witir 1 raka’at, namun sebagian orang enggan mengerjakan shalat yang utama ini.
Baiklah, demikian merupakan  3 dari sekian banyak amalan yang dapat terus kita kerjakan diluar bulan Ramadhan. Masih ada sholat rawatib, tilawah/ membaca Al Qur’an, sedekah dan masih banyak lagi. Semoga Allah memberikan kemudahan kita menjalankan ibadah2 ekstra ini. Hingga menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di akhirat kelak. Amiin.
Wassalamu’alaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment