Sikap Sombong


Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Alhamdulilahirobbil’alamin wassolatu wassalamu’ala asrofil ambiyai walmursalin waala’ahlihi wasohbihi ajmain. Ammaba’adu.
Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah SWT, puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas karunia dan rahmat-Nya. Kita dapat melaksanakan solat tarawih berjamaah di mushola ini.
Shalawat serta salamsemoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Nabi Muhammad SAW, dimana beliaulah yang telah mendakwahkan islam kepada seluruh umat manusa dari zaman jahilliah, menuju zaman yang penuh berkah.
Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah SWT, sikap menganggap diri yang terpandai, tercantik, termulia, terkaya, serta terhormat, maka sikap yang demikian itu adalah merupakan sikap yang tidak sesuai dengan ajaran agama islam, dan islam sendiri melarangnya. Oleh Karena itu kita sekalian jamaah solat tarawih dan juga para pelajar serta generasi muda yang paling utama, hendaklah berupaya menghindarinya serta membiasakan diri bersikap yang sesuai dengan ajaran isalam.
Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah SWT, jadi sikap sembong merupakan sikap yang sangat dibenci oleh Allah SWT karena tidak patut sebagai seorang selaku hamba-Nya dan yang patut dan yang patut bersikap sombong hanyalah Allah semata. Barang siapa memakai pakaian akan tetapi dengan maksud untuk menyombongkan diri seperti halnya dengan berbuasana yang berukuran panjang. Pagi kaum laki-laki, pakaian yang menjulur lebih dari mata kaki baik itu bertujuan untuk menyombongkan diri maupun tidak merupakan sikap yang tidak diperbolehkan dalam islam. Karena untuk orang-orang ini Allah SWT tidak akan mengajak mereka bicara, bahkan mencium bau surga-Nya. Sehubungan dengat pernyataan diatas diperkuat dengan sebuah  Hadist Riwayat Bukhari Muslim yang artinya: “Allah tidak akan melihat dengan pndangan rahmat-Nya pada hari kiamat pada orang yang menurunkan kainnya dibawah mata kaki karena sombong”.
 Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah SWT, penting sekali untuk kita ingat, bahwa barang siapa yang dalam hatinya ada sikap sombong meskipun sebutir debu, maka dia tidak dapat masuk surga. Sebagaimana sabagaimana sabda Nabi Saw yang artinya: “Tidak masuk surga orang yang di dalam hatinya ada seberat atom (biji debu) dari kesombongan. Lalu ada orang yang bertanya: Sesungguhnya ada kalanya seorang suka jika pakaiannya baik dan sandalnya juga baik. Jawab Nabi Saw : Sesungguhnya Allah itu indah, suka pada keindahan. Sombong itu ialah menentang hak dan menghina orang”.
Jama’ah solat tarawih yang dimuliakan oleh Allah, Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mudah – mudahan apa yang telah kami sampaikan tadi dapat di pahami sehingga kita benar-benar menjauhi dalam kehidupan ini. Mohon maaf apabila ada kesalahannya. Akhirul kalam
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

No comments:

Post a Comment