[Kultum Anak] Keutamaan Memiliki Sikap Sabar.

Orang yang sabar akan memperoleh pahala. Hal senada seperti dalam firman Allah di surat Al-Baqarah ayat 153. Isi surat tersebut adalah Allah akan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang sabar.



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Alhamdulillah atas rahmat dan izin Allah kita masih diberi kesehatan, keimanan dan kesempatan untuk bisa berkumpul serta bersilaturahmi di masjid ini. Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada nabi Muhammad saw. beserta keluarga dan kerabatnya.

Teman-teman yang dimuliakan oleh Allah, pada pagi hari ini saya akan berbagi mengenai keutamaan memiliki sikap sabar. Sabar berasal dari bahasa Arab sobaru yasbiru yang berarti menahan. Arti dari kata menahan cukup luas.

Misalnya saat puasa sabar untuk menahan hawa nafsu, keinginan untuk makan maupun minum dari subuh hingga waktu maghrib tiba. Sabar juga dapat terlihat dalam perilaku. Contohnya tidak emosi dan membalas perbuatan jahat orang lain.

Satu hal yang harus Anda ketahui adalah sikap sabar tidak bisa didapatkan secara instan. Semua butuh proses, latihan dan tidak lupa selalu mendekatkan diri kepada Allah, berdoa agar selalu diberi kekuatan serta kesabaran dalam menjalani ujian hidup.

Orang yang sabar akan memperoleh pahala. Hal senada seperti dalam firman Allah di surat Al-Baqarah ayat 153. Isi surat tersebut adalah Allah akan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang sabar.

Oleh karena itu, kita harus selalu sabar dalam beribadah, menyikapi kehidupan dan lain sebagainya. Seseorang yang sedang mendapat ujian namun tetap menjalankan kewajibannya, shalat tepat waktu dan beramal maka Allah akan senantiasa menolongnya.

Demikian kultum yang dapat saya sampaikan, semua yang benar datangnya dari Allah. Semoga kita termasuk hamba yang selalu sabar dan mendapat ridho-Nya. Aamiin.

 

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


No comments:

Post a Comment