Islam kenapa?



Suatu agama akan terlihat baik buruknya itu tergantung penganutnya atau orang yang berada dalam agama tersebut. Agama islam menurut saya adalah agama yang membawa rahmat bagi umat manusia baik di dunia maupun di akhirat. Islam tidak mengajarkan kekerasan dalam bentuk apapun untuk membuat orang menganut agama ini. ajarannya hanyalah untuk menuntun kita kepada jalan yang benar dan menjauhi apayng salah dalam kehidupan ini.
Entah kenapa di saat sekarang ini banyak terjadi konflik yang memberikan dampak buruk bagi agama islam itu sendiri. adanya berdebatan antara isalam dengan agama-agama lain, perselisihan dalam agama islam itu sendiri, serta prilaku beberapa pendakwah yang buruk  membuat saya bingung dan bertanya-tanya. Mengapa hal tersebut dialami oleh kaum umat islam. kenapa kita ketika membaca artikel di website, atau membaca korang nama islam seperti:
Islam vs budha di tahiland and myanmar
islam vs hindu  di india
islam vs kristen yang terjadi dimana-mana
bahkan islam vs islam  juga ada seperti kaum syiah, dan ahmadiyah, MTA, NU, dll.

Apa yang mengakibakan masyarakat membuat statmen tersebut, yang mencerminkan bahwa agama islam terkesan lebih banyak masalah baik interal maupun eksternal. Ada  beberapa alasan mengenai permasalahan yang terjadi di saat sekarang ini, secara pribadi akan diungkapkan bahwa:
  1. Sebagian besar umat islam menolak adanya pemurnian dan pembaharuan agama islam selama 100 tahun sekali.
  2. Masa nabi terakhir sampai sekarang sudah cukup jauh sehingga ada kemungkinan banya terjadi kesalahan dalam penafsiran kitab.
  3. Umat islam terlalu takut akan usaha orang-orang asing dalam menyesatkan umat islam, sehingga dalam memeranginya pun terkadang menggunakan cara yang kurang baik jika dilihat di zaman sekarang. 
  4. Umat islam terlalu yakin dan optimis bahwa agama islam iitu agama yang paling benar, walaupun kenyataannya memang begitu tetapi, itu membuat sebagian orang merasa egois dan inin menang sendiri, sehingga memunculkan perdebatan antara islam itu sendiri dan agama lain. sehingga menimbulkan statmen-statmen yang kurang baik oleh orang-orang asing yang mengkaji perdebatan tersebut.
  5. Permasalahan yang terjadi mengenai ajaran agama islam kebanyakan berasal dari negara di sekitar arab, ada kemungkinan bahwa dalam mempelajari dan memahami kitab terjadi kesalahan. 
  6. Sebagian besar orang yang beragama islam yang memiliki bahasa bukan dari bahasa arab menggunakan kitab hanya sekedar dibaca tanpa memahami apa yang terkandung dalam ayat yang dibacanya. sehingga memunculkan umat islam yang tidak faham mengenai islam.
  7. Adanya orang-orang yang faham mengenai agama islam namun tidak banyak bicara, dan adanya orang-orang yang kurang dalam memahami agama islam namun banyak bicara.
Tapi yang harus diketaui bahwa walaupun ada berbagaimacam masalaha menghampiri, itu hanya lah ujian dan cobaan bagi kita umat islam. Asalkan kita bisa merasakan kebenaranya, sungguh agama islam lebih mensejukkan hati dan merupakan hal terbaik dari apapun yang ada di dunia ini. asalkan kita bisa seibang antara duia dan akhirat. karena dalam kitab selalu menyebutkan kebahagiaan dunia dan akherat. 

No comments:

Post a Comment