4 Hal Pokok


بسم الله الرحمن الرحيم

Kewajiban bagi seorang muslim adalah mengetahui 4 hal pokok yaitu :
  1. ilmu, yaitu mengenal Allah, mengenal rasulNya dan mengenal islam berdasarkan dalil-dalil.
  2. amal, penerapan ilmu tersebut.
  3. da'wah, yaitu mengajak pada ilmu tersebut.
  4. sabar dalam menjalani ke 3 hal tersebut.
Dalilnya adalah surat al asr (103)1-3.
Imam Syafi'i rahimahullah berkata :"Seandainya Allah hanya menurunkan surat ini saja sebagai hujjah buat mahluqNnya , tanpa hujjah yang lain maka cukup bagi mereka."
Dan imam bukhary mengatakan bahwa ilmu itu sebelum ucapan dan perbuatan.(sahih bukhary kitab ilmu bab 10 ) dalilnya adalah surat muhammad (47):19.


Kewajiban juga bagi tiap muslim untuk mengetahui 3 perkara yaitu :
  1. Allah sebagai pencipta & pemberi rizqi, tidak akan membiarkan kita begitu saja dalam kebingungan. Tapi mengutus rasul, dan siapa yang menaati rasul tersebut pasti masuk surga dan yang menayalahi pasti akan masuk neraka. Dalilnya adalah Muzammil (73):15-26.
  2. Allah tidak rela jika ibadah yang ditujukan padaNya, disekutukan dengan sesuatupun. Baik malaikat terdekat, nabi atau yang lainnya. Dalilnya surat al-jin (72):18.
  3. Barang siapa menaati rasul dan mentauhidkan Allah, tidak bersahabat dengan orang-orang yang memusuhi Allah dan rasulNya, sekalipun mereka adalah keluarga terdekat. Dalilnya almujadalah (58):22.
Islam yang merupakan tuntunan Nabi Ibrahim, inti ajarannya adalah ibadah kepada Allah saja dan memurnikan ketaatan hanya padaNya. Dalilnya adalah surat adz-dzariat (51) :56.
Ibadah pada ayat artinya adalah tauhid. Dan merupakan perintah Allah yang paling agung. An-nisa' (4):36.

Wallahu a'lam bishowab

No comments:

Post a Comment