Jangan Saling Berbuat Keburukan




           Dari Abu Dzar, Jundub bin Junadah ra. Dari Nabi dan beliau dari Allah SWT. Yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi, dimana Allah berfirman, “Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya Aku mengharamkan perbuatan dzalim atas diriKu dan Aku juga melarang perbuatan dzalim atas dirimu, maka janganlah kamu saling berbuat aniaya. Wahai hamba-hambaKu, setiap kamu adalah lapar kecuali orang yang telah beri Aku makan, maka mintalah kepadaKu niscaya Aku akan memberimu. Wahai hamba-hambaKu, setiap kamu adalah telanjang kecuali orang-orang yang telah Aku beri pakaian, maka mintalah pakaian kepadaKu niscaya Aku akan memberikan pakaian. Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kamu senantiasa berbuat kesalahan diwaktu malamdan siang hari, sedangkan Aku adalah Dzat yang mengampuni semua dosa, maka mintalah ampunan kepadaKu niscaya Aku akan mengampunimu. Wahai hamba-hambaKu, sesungguhnya kamu tidak akan dapat berbuat sesuatu yang dapat merugikan Aku   dan juga kamu tidak akan dapat berbuat sesuatu yang dapat menguntungkan Aku. Wahai hamba-hambaKu, seandainya orang yang pertama dan terakhir di antara kamu, baik golongan manusia maupun jin berada dalam hati seorang laki-laki yang paling bertakwa di antaramu, maka hal itu tidak akan menambah kebesaran kerajaanKu. Wahai hamba-hambaKu, seandainya orang yang pertama dan terakhir di antara kamu, baik golongan manusia maupun jin berada dalam hati seorang laki-laki yang paling buruk, niscaya hal itu tidak akan mengurangi kebesaran kerajaanKu. Wahai hamba-hambaKu, seandainya orang yang pertama dan terakhir di antara kamu, baik golongan manusia maupun jin berada pada suatu padang, kemudian mereka semua memohon kepadaKu, niscaya Aku akan mengabulkan semua permintaan mereka. Sebab yang demikian itu tidak akan mengurangi apa yang ada padaKu kecuali hanya berkurangnya air samudra bila diambil dengan sebuah jarum. Wahai hamba-hambaKu, segala sesuatu itu tergantung dari amal perbuatanmu dan semuanya itu Aku perhitungkan lalu nanti akan Aku beri balasan. Maka barang siapa yang mendapatkan kebaikan, maka bersyukurlah kepada Allah, dan barang siapa mendapatkan sebaliknya, maka janganlah sekali-kali kamu mencelanya melainkan kedapa dirimu sendiri. [HR. Muslim -2577]

No comments:

Post a Comment