“kewajiban manusia untuk bekerja”


Sesungguhnya manusia itu mempunyai kewajiban untuk menjaga kehidupan diri sendiri dan keluarga yang menjadi tanggungannya. Yaitu dengan memberinya  nafkah setiap hari berupa  makanan , minuman , pakaian , tempat tinggal dan kebutuhan lainnya  yang harus dicukupi menurut kemampuan yang ada .



Alhamdulillahi  wasyukurillah walahaula wala kuwwata  illa billah  amma  ba’du.

Pertama-tama marilah kita  senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat alloh subhanahua taala yang telah melimpahkan rahmat dan taufiknya kepada kita sekalian, sampai dengan malam ini  kita  semua masih diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah sholat isa dan taruwih secara berjamaah. Solawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita nabi muhammad solallohu alaihi wasalam , yang dengan risalahnya telah membukakan umatnya  dari dunia kegelapan menjadi dunia yang  terang benderang.
Hadirin jamaah solat tarwih yang dimulyakan alloh subhanahuataala. Perkenankan saya akan menyampaikan sekelumit kultum dengan judul “kewajiban manusia untuk bekerja”
Sesungguhnya manusia itu mempunyai kewajiban untuk menjaga kehidupan diri sendiri dan keluarga yang menjadi tanggungannya. Yaitu dengan memberinya  nafkah setiap hari berupa  makanan , minuman , pakaian , tempat tinggal dan kebutuhan lainnya  yang harus dicukupi menurut kemampuan yang ada . Darimana  kebutuhan  nafkah itu bisa diperoleh  kalau kita tidak bekerja , sambil mengharap rahmat alloh  ?  Bekerja  yang kita lakukan itu namanya ikhtiar.   Dan ikhtiar yang yang disertai tawakkal  itu wajib dilakukan  oleh setiap  manusia.  Oleh sebab itu  marilah kita  rajin bekerja  dan berusaha  , bekerja  apasaja  asal dengan jalan yang benar dan halal, jalan yang diridoi oleh alloh subhanahuataala, misalnya bekerja  sebagai  petani ,  sebagai pedagang , sebagai guru , sebagai dokter , sebagai sopir  dan lain  sebagainya.  Kalau bidang-bidang tersebut sudah kita usahakan akan tetapi belum berhasil maka janganlah terus berputus asa , kita wajib mencari jalan yang lain sehingga alloh memberi jalan kelapangan bagi kita.   Rosulalloh salallohu alaihi wasalam bersabda :
“utluburrizko  habaayal  ardi”  artinya  carilah rizki oleh kamu sekalian di dalam tumbuh-tumbuhan bumi ( hadis riwayat abu ya’la, tabrani dan baihaki  dari aisyah )
Dan dilain hadis rosululloh telah bersabda  yang artinya  carilah segala kebutuhan dengan disertai kebesaran jiwa, karena setiap perkara itu berjalan bersama-sama  dengan takdir (hadis riwayat abu asyakir  dai  abdullah bin bisir).
Kemudian bagaimana dengan kita yang masih anak-anak  , maka alloh subhanahua taala  mewajibkan bagi  kita untuk menuntut ilmu sebagai  bekal  kehidupan  didunia dan juga di akhirat nanti
Demikian semoga  apa yang kami sampaikan ada manfaatnya bagi kita sekalian, kurang lebihnya kami mohon maaf.
Assalamu alaikum warohmatullohi wabarokatuh.

No comments:

Post a Comment