21. Surah Al-Insyirah

Surah Al-Insyirah ("Kelapangan") adalah surah ke-94 berdasarkan susunan mushaf dan surah ke-11 sesuai urutan pewahyuan Al-Quran. Surah ini dinamai Al-Insyirah karena dimulai dengan kata ini pada awal surah. Surah Al-Insyirah posisinya setelah surah Al-Dhuha karena adanya hubungan kandungan di antara kedua surah ini. Membaca salah satu dari surah ini pada salat Dhuhur tidak mencukupi; dan terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait dengan membaca kedua surah ini pada waktu salat. 


Pada surah ini, Allah Swt mengingatkan segala nikmat berupa pemberian kelapangan kepada Rasuullah Saw, keringanan beban yang dipikulnya serta ketinggian nama untuknya. Tentu saja ketika Rasulullah Saw menghadapi kesulitan maka kesulitan itu akan terasa mudah. Sebagaimana pada surah Al-Dhuha, Allah Swt menghitung-hitung segala nikmat dan kemurahan yang diberikan kepada Rasulullah Saw, surah ini juga menyebutkan tentang perbagai kemurahan Allah Swt dan perhatian-perhatian Ilahi kepada Rasulullah Saw. Yang paling penting dari semua itu adalah kelapangan dada untuk Rasulullah Saw. Pada dasarnya, surah Al-Insyirah posisinya merupakan kelanjutan dari surah Al-Dhuha karena adanya hubungan kandungan di antara kedua surah ini. Membaca salah satu dari surah ini pada salat Dhuhur tidak mencukupi; dan terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama terkait dengan membaca kedua surah ini pada waktu salat.


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ ﴿١﴾ وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ ﴿٢﴾ الَّذِي أَنقَضَ ظَهْرَكَ ﴿٣﴾ وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ ﴿٤﴾ فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٥﴾ إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٦﴾ فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ ﴿٧﴾ وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَارْغَب ﴿٨


Artinya:
Dengan Nama-Nya Yang Mahakasih dan Mahasayang Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?, (1) dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu, (2) yang memberatkan punggungmu? (3) Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu, (4) Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (5)sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.(6) Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (7) dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (8)

Suara: Al-Insyirah


No comments:

Post a Comment