13. Surah Al-Takatsur

Surah ini dinamai Al-Takatsur karena kata ini disebutkan pada ayat pertama surah ini. Dari sisi isi, surah Al-Takatsur termasuk dalam jejeran surah Al-Qishar Al-Mufasshalat dan merupakan bagian dari juz ammah pada hizb keempat juz 30 Al-Quran.





Pada awal surah ini hingga akhir berbicara tentang takatsur yaitu bermegah-megahan, banyak tuntutan dan terkecoh dunia, berbangga-bangga dan saling pamer yang mempermainkan manusia dan menahannya dari pengenalan terhadap hakikat-hakikat. Surah ini juga menyinggung tentang dua suku (Quraisy dan Yahudi) yang bermegah-megahan dan saling membanggakan diri karena banyaknya harta, kekayaaan, anak-anak dan komunitas. Mereka menjadikan harta-harta itu sebagai parameter keunggulan sedemikian sehingga mereka berbangga-bangga dengan jumlah moyang mereka. Kemudian menyebutkan bahwa Sungguh kamu benar-benar akan melihat neraka Jahîm. (Dan dengan memasuki neraka itu), sungguh kamu benar-benar akan melihatnya dengan ainul yakin. Pada hari itu mereka akan ditanya tentang segala nikmat yang mereka ingkari.


 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ‌ ﴿١﴾ حَتَّىٰ زُرْ‌تُمُ الْمَقَابِرَ‌ ﴿٢﴾ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ ﴿٣﴾ ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ ﴿٤﴾ كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ الْيَقِينِ ﴿٥﴾ لَتَرَ‌وُنَّ الْجَحِيمَ ﴿٦﴾ ثُمَّ لَتَرَ‌وُنَّهَا عَيْنَ الْيَقِينِ ﴿٧﴾ ثُمَّ لَتُسْأَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ ﴿٨

 Artinya:
Dengan Nama-Nya Yang Mahakasih dan Mahasayang
Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, (1)sampai kamu masuk ke dalam kubur. (2) Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), (3) dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui. (4) Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin,(5) niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka Jahiim, (6) dan sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan 'ainul yaqin. (7) kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu). (8)

 Suara: Al-Takatsur

No comments:

Post a Comment