9. Surah Quraisy

Surah Quraisy adalah surah yang saling berhubungan. Semenjak awal hingga akhir berbicara tentang Quraisy dan nikmat-nikmat Tuhan kepada kaum Quraisy serta tugas-tugas mereka di hadapan nikmat-nikmat Ilahi ini. Allah Swt mewasiatkan kepada mereka menjadikan asas dan fokus solidaritas ini yaitu penyembahan kepada Allah Swt dan Pemilik Ka’bah yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan.

 


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
لِإِيلَافِ قُرَيْشٍ ﴿١﴾ إِيلَافِهِمْ رِحْلَةَ الشِّتَاءِ وَالصَّيْفِ ﴿٢﴾ فَلْيَعْبُدُوا رَبَّ هَـٰذَا الْبَيْتِ ﴿٣﴾ الَّذِي أَطْعَمَهُم مِّن جُوعٍ وَآمَنَهُم مِّنْ خَوْفٍ ﴿٤

Artinya:
Dengan Nama-Nya Yang Mahakasih dan Mahasayang, Untuk menciptakan solidaritas orang-orang Quraisy, (1) (yaitu) solidaritas ketika mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas. (Allah Swt membinasakan orang-orang keji) (2) Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah). (3) Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan (musuh). (4)

Suara: Surah Quraisy




No comments:

Post a Comment